Belajar-belajar
Comments 8

Menentukan Jumlah Jam Belajar

Reality of MBA Student

Ketika aku cari tahu soal ambil Master of Business Administration di forum-forum banyak yang bilang tugasnya banyak. Masuk top MBA school juga persaingan super ketat. Tapi banyak juga yang bilang bahwa MBA itu gampang banget, pada kenal mahasiswa yang enggak pinter-pinter amat tapi bisa lulus dengan nilai yang masih terbilang oke.

Jadi kupikir ya mungkin gak jauh-jauh beda sama S1 lah ya, masih cukup banyak waktu untuk main dan menikmati hidup. Apalagi tinggal di New York begini, rugi kalo enggak banyak jalan sightseeing kan?

Tapi ternyata….

Tidak semudah yang dibayangkan hahahaha.

Semester pertama kemarin aku ambil 5 mata kuliah, karena itu yang disarankan dalam buku panduan. Sempet stress dan kewalahan karena harus belajar hal-hal baru seperti hukum usaha dan teori ekonomi, dan merasa waktu keluarga sangat kurang karena kayaknya tugas kok enggak selesai-selesai dikerjain.

Supaya jangan kaya keledai yang kejebak lubang yang sama, sekarang harus diteliti bener-bener supaya bisa lebih efisien semester ini. Beasiswa dibatasi hanya 2 tahun, sehingga akhir tahun depan sudah harus selesai. Tandhayekti kemungkinan besar sudah akan jalan sehingga semester musim panas aku harus ada di Jogja.

Setelah menghitung faktor-faktor itu dan jumlah mata kuliah yang harus diambil, aku harus ambil 6 mata kuliah per semester. IP harus tetap diatas 3.0 sebagai syarat kelanjutan beasiswa. Makin garuk-garuk kepala deh, mayoritas mahasiswa biasanya hanya ambil 3-4 mata kuliah per semester.

Suami sempet bilang “Lah, kamu kan kelas cuma 3 hari seminggu kan? Tambah lah! Ambil 7-8 gitu!” langsung deh kena semprot istrinya hahaha

Sebagai gambaran, ini jadwal kelas untuk semester kedua. Kayaknya simpel yah? Banyak waktu luang.

Jadwal Kuliah - Sekilas Pandang

Jadwal Kuliah – Sekilas Pandang

Tapi dalam prakteknya hanya setor muka di kelas aja nggak cukup. Kelas yang paling besar isinya 30 orang dan paling kecil 12. Setiap sebelum kelas semua mahasiswa harus siap diskusi bahan yang akan dibahas, dan biasanya tiap dosen hapal nama dan sukak banget nunjuk untuk ditodong pertanyaan. Kalo enggak bisa jawab, nilai akhir bisa berkurang😦

Patokan waktu belajar

Para dosen biasanya kasih tugas dan bacaan dengan patokan kita harus belajar di luar kelas selama 2 jam per credit hour untuk kelas tersebut. Ada juga dosen yang bilang 2 jam per jam temu muka sama dosen.

Kalau aku ambil 6 mata kuliah, total 18 credits berarti diharapkan belajar 36 jam seminggu. Lebih dari jam kerja tuh kalo ditambah jam kuliahnya.

Opsi kedua lebih mending sih, 2 jam per jam temu muka berarti 24 jam belajar di luar kelas.

Fiuh. Tetep aja.

Jadi gimana nih ngebagi nya?

1. Study-Life Balance
Selain menjadi mahasiswi, aku juga ada suami, rumah dan Tandhayekti yang harus diurus. Dan juga karena kondisi cuaca disini yang dingin banget utk orang Indonesia, aku harus tidur cukup supaya bisa jaga kondisi. Kalau sakit kan malah acak adut nanti kuliahnya.

Untungnya suami sangat supportive, sehingga kita janjian kalau ada hari kuliah dimana aku pulang malam, suami yang masak di rumah. Pagi kita cukup sarapan pakai sisa lauk malam sebelumnya, jadi lumayan ngirit tenaga lah.

Jadi untuk kali ini, aku masukkin semua komitmen di luar waktu kelas. Mulai keliatan penuh ya😀

Jadwal Kuliah - komitmen di luar kelas

Jadwal Kuliah – komitmen di luar kelas

2. Prioritas Tugas

Untuk setiap kelas, rata-rata per kelas kasih 2 bab bacaan + tugas individu, atau 4 artikel riset + tugas kelompok setiap minggu. Satu bab/artikel biasanya butuh satu jam untuk dipelajari, tugas individual bisa 2-6 jam total, dan tugas kelompok harus dicicil selama beberapa minggu.

Disarankan juga alokasi waktu belajar tidak pukul rata. Untuk mata kuliah yang lebih susah, mendingan diberi waktu ekstra untuk belajar. Jadi menurut tabel ini, aku seharusnya belajar sekitar 28 jam per minggu. Tapi yang direkomendasi adalah 20-25 jam.

Alokasi waktu belajar di luar kelas

Alokasi waktu belajar di luar kelas

Menurut tabel, kelas yang gampang cukup 2 jam seminggu, tapi setelah aku crosscheck, untuk setiap kelas aku perlu baca 4 artikel, yang berarti sekitar 4 jam. Engga mungkin juga.

Aku atur-atur deh waktu belajar di luar kelas berdasarkan kolom kosong yang ada di kolom #2 dan tabel di atas. Kenapa jadi lebih sibuk drpd pas kerja yah?

Jadwal Kuliah - Berasa artis sibuknya!

Jadwal Kuliah – Berasa artis sibuknya!

Disini memang 5 hari kerja, jadi aku berusaha untuk alokasi waktu libur 2 hari juga. Kamis biasanya udah mampet otaknya karena tiap selesai kelas sama dosen pasti udah capeeeeek banget rasanya. Sedangkan Minggu adalah waktu wajib setor muka sama suami hahaha.

Rencana sih seperti diatas, meski cukup sering hari libur terpaksa dipakai untuk ngurusin Tandhayekti dan tugas yang extra panjang. Bersih-bersih rumah sering ketinggalan, untungnya suami sering inisiatif untuk bersih-bersih.

Semoga aja bisa mempertahankan nilai.

Waktu belajarmu berapa lama?

reference:
How to Study - Manage Your Time
Utah State University - Estimate Study Time

8 Comments

  1. Bikin kelompok belajar nggak? Dulu kampusku menyarankan untuk bikin kelompok belajar 3-4 orang di tiap kelas. Tiap orang baca 1 bacaan wajib, bikin ringkasannya, habis itu ketemu utk diskusiin 4 bacaan yang ada. Tentu idealnya semua baca bahan yang diwajibkan, tapi ya kalau bikin otak berasap bahaya juga hahaha. Anw ketemuan itu selain nambah ilmu & mempermudah belajar, jadi sarana yang bagus juga untuk bersosialisasi & bergosip😀

    • GKR Hayu says

      Agak susah nyari yg mau diajak😦
      Yg student sini pada kerja full-time, jd susah waktunya. Yg int’l student pergi maen di luar jam kelas wkwkwkwk

  2. Farhan says

    Wah , makasih udah memberikan informasi nih cara bagi waktu lebih efisien😀

    • GKR Hayu says

      Terima kasih😀 kuliah nya sudah selesai, ini lagi menunggu keputusan lulus dan wisuda

  3. terima kasih gusti Hayu,, sangat menginspirasi bagi kami perempuan yang banyak sekali tanggungjawab tapi masih ingin belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s