Jalan-jalan, Main-main
Comment 1

Roosevelt Island – Part 1

Warna musim gugur sebelum kering

Terletak diantara Manhattan dan Queens, pulau kecil ini menjadi tempat yang pas untuk melarikan diri dari kebisingan metropolitan hanya 5 menit dari Manhattan.

Roosevelt Island merupakan bagian dari Manhattan, sehingga orang-orang yang suka jaga gengsi suka ngomong “Oh aku tinggal di Manhattan”. Katanya gengsi nya naik dibanding orang-orang yang tinggal di Queens, padahal juga jarak cuma seberapa sih πŸ˜•

Secara fisik, pulau ini kecil. Panjang nya hanya sekitar 2 miles (3.2 km) dan lebar 800 feet (240 m). Roosevelt Island juga cuma punya satu jalan utama. Jadi sesi foto-foto ini bisa keliling pulau sembari jalan pelan-pelan menikmati pemandangan cuma dalam beberapa jam aja.

Pada abad ke 19, pulau ini digunakan sebagai penjara. Setelah itu di tahun 1921-1971 berubah dipenuhi rumah sakit dan rumah sakit jiwa. Baru sekitar tahun 70-an itu Roosevelt Island mulai dibangun untuk kebutuhan residential.

1. Jalan keliling

Roosevelt Island dikenal sepi dan tenang, sampai sering dibilang membosankan. Beda banget dengan tinggal di Manhattan yang enggak pernah sepi dari suara sirene dan klakson, apalagi dikenal dengan “City that never sleeps”. Bener-bener penduduknya nggak bisa tidur deh. Tapi kebanyakan dari penduduk Roosevelt Island bekerja/kuliah di Manhattan, jadiΒ mereka hepi aja bisa pulang ke tempat yang tenang.

2. Octagon tower

Octagon Tower ini dibangun tahun 1834, sebagai New York Lunatic Asylum, atau rumah sakit jiwa. Tahun 1894 berubah fungsi menjadi rumah sakit biasa dan akhirnya dikosongkan pada tahun 1955. Setelah lama ditinggalkan, pada tahun 2006 Octagon Tower kembali dibuka sebagai apartemen mewah berkapasitas 500 unit.

Tapi serem juga nggak sih tinggal di tempat yang sejarahnya begitu? Ada temen yang cerita sewaktu dia pindah kesana, anaknya yang kecil nangis terus katanya ada orang serem di kamarnya. Yang ikut panik mah ibunya πŸ˜…

3. Northpoint Lighthouse

Lighthouse ini terletak di ujung utara Roosevelt Island. Dibangun pada tahun 1872, lighthouse ini hanya setinggi 15 meter. Ceritanya sih macem-macem, ada yang bilang dibangun untuk mengawasi penjara yang ada di pulau, ada juga yang bilang sebagai benteng untuk menhadapi serangan ke pulau. Dari Northpoint park ini bisa keliatan Wards Island di utara, Queens di timur dan Manhattan di barat.

4. Riverside Barat

Meski foto-foto ini diambil pada siang hari, tapi hampir nggak ada orang lalu lalang. Turis rata-rata jalan di sekitar tram di selatan pulau dan mengunjungi Southpoint Park. Kita akan jalan ke bagian selatan pulau pada post berikutnya 😍

Jadi apa pendapatmu mengenai Roosevelt Island? πŸ™Œ

Foto dalam post ini adalah hasil jepretan GKR Hayu. 
Penggunaan foto diatas harap di-credit ke GKR Hayu.

1 Comment

  1. Pingback: Roosevelt Island – Part 1 | GKR Hayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s