Jalan-jalan, Main-main
Comment 1

Roosevelt Island – Part 2

Queensboro Bridge menuju Long Island

Di post lalu kita sudah membahas separuh Roosevelt Island yang bagian utara. Kali ini aku bakal jalan di tepi Roosevelt Island bagian selatan.

1.West Riverside

Menurut aku pribadi sih ya, bagian upper west Roosevelt Island ini paling bagus pemandangan dan lokasi nya dibanding bagian lain. Pepohonan-nya jauh lebih banyak, ruang terbuka nya juga luas, kesannya lega gitu enggak dempet-dempetan bangunan. Pemandangan ke arah Manhattan juga lebih bagus daripada pemandangan ke arah Queens (bisa diliat di akhir post)

2. Transportasi di Roosevelt Island

Cara yang paling populer menuju Roosevelt Island adalah pake tram (kereta gantung) di 60th Street and 2nd Avenue di Manhattan. Tram ini nempel sama Queensboro Bridge. Kalau pake tram, jangan duduk. Karena ketika sampai di tengah bridge, pemandangannya bagus ke arah Roosevelt Island, lumayan buat foto-foto 😍

3. Lower west riverside

Setelah melewati stasiun kereta bawah tanah dan tram, terus jalan ke selatan pulau. Ini rute yang biasa ditempuh turis yang datang ke Roosevelt Island.

4. southpoint park & Smallpox hospital

Terletak di bagian selatan pulau, mulai banyak turis yang kelihatan. Taman ini yang biasanya jadi tujuan utama mereka. Menurutku sih bagian selatan pulau ini malah kelihatan gersang, kalau mau narsis foto-foto lebih bagus di bagian utara. Tapi salah satu tujuan utama foto para turis adalah markas United Nations (PBB)  yang kelihatan jelas dari sini, jadi mungkin udah cukup itu aja.

Ada satu reruntuhan yang masih berdiri di tengah-tengah taman. Smallpox hospital ini dibangun tahun 1856 tapi ditinggalkan 1 abad kemudian. Tidak seperti New York Asylum yang dipugar menjadi apartment mewah, Smallpox Hospital yang terletak di tengah taman ini diputuskan menjadi salah satu cagar budaya.

5. Franklin d. roosevelt four freedoms park

Taman ini nempel di selatan Southpoint Park persis. Baru dibangun bulan October 2012, taman ini dibangun sebagai memorial atas Presiden Roosevelt, yang namanya juga digunakan sebagai nama Roosevelt Island.

Enggak tahu aku yang emang norak atau apa ya… Tapi memorial ini keliatan kering karena semua pakai konblok. Entah apa pertimbangannya, tapi keliatannya pucet aja jadinya…

6. Lower east riverside

Kembali menuju ke tengah pulau, kali ini aku menyusuri bagian timur. Bisa dibandingkan dengan sisi yang berlawanan, yang sebelah sini keliatan lebih kering. Mungkin juga pembangunan diutamakan di sisi barat yang pemandangan ke Manhattan-nya lebih bagus kali ya?

Aku sih seneng tinggal disini, tempatnya tenang dan juga relatif aman. Emang sih supermarket cuma satu dua jadi rada monopoli, tapi toh aku tiap pulang kuliah juga lewat supermarket di Manhattan, enggak terlalu masalah

Udah enggak sabar nunggu musim dingin lewat biar bisa lari pagi lagi di riverside 🏃💨

1 Comment

  1. Pingback: Roosevelt Island – Part 2 | GKR Hayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s