Jalan-jalan
Comments 7

Petra, Jordan

Blog - State of My Year-2

Kerjaan suami bikin dia sering dikirim ke negara lain untuk berbulan-bulan. Udah kebiasa long-distance sih jadi soal kangen bisa di-handle, tapi yang suka bikin bete itu enggak bisa ikutan jalan karena aku masih kuliah S2 πŸ˜•

Akhir November 2015 lalu pas libur Thanksgiving di Amerika, pas si Mas bisa atur waktu kosong. Akhirnya memutuskan untuk mengunjungi suami di kota Amman, Jordan setelah sebulan nggak ketemu (pdhl sih aku-nya yang pengen jalan-jalan 😝)

Jordan Map

Jordan yang berbatasan dengan negara konflik

Pertamanya pas cari-cari info tentang Jordan sempet serem juga karena dia berbatasan langsung dengan negara-negara yang lagi konflik dan perang macam Syria dan Iraq. Apalagi penerbangan dari New York melewati wilayah udara Israel, yang diumumkan di pesawat pas lagi enak-enak tidur dengan “We are currently traveling through Israeli’s airspace, please fasten your seatbelts”

Jadi perempuan traveling di negara timur tengah, terus terang bikin aku agak was-was soal keamanan. Apalagi Mas masih ada konferensi di hotel jadi nggak bisa jemput ke airport. Meski harus ngeluarin duit ekstra, aku bela-belain minta jemputan dari hotel daripada pake taksi sendirian. Jangan pelit sama duit kalo urusannya keamanan dan kesehatan yah

IMG_8456

Struktur tebing batu Petra

Tempat pertama yang kita kunjungi adalah Petra. Banyak orang memilih tinggal di dekat lokasi Petra supaya bisa kesana pagi-pagi, tapi karena Mas masih sibuk dengan urusan kerjaan kita berangkat dari kota Amman setelah sarapan dengan mobil kurang lebih 3.5 jam

Petra sendiri wilayahnya luuuwaassss banget, kalo emang mau enjoy bener-bener menikmati pemandangan lebih baik dijatah sekitar 2-3 hari, apalagi kalau dengan rombongan yang mobilitas-nya terbatas

IMG_8465

Batu Jin disekitar jalan turun

Setelah beli tiket, kita jalan dulu turun menuju lembah yang suka keliatan di film-film ituh 😁 Karena jaraknya lumayan jauh, bisa juga nyewa keledai atau unta πŸͺ sampe ke area lembah. Kita memilih jalan kaki untuk membakar lemak sarapan. Apalagi langit nya lagi surreal banget, minta difoto.

Monumen berbentuk blok yang ada di sepanjang jalan turun dinamakan “Djinn Blocks” atau batu jin. Kegunaannya sendiri belum pasti apa, tapi ada yang percaya bahwa itu berfungsi sebagai nisan.

IMG_8469

Langitnya bukan tipu-tipu


IMG_8474

God is great❀

Pihak management Petra kayaknya bagi-bagi daerah untuk penyewaan keledai/unta. Kalau dari loket atas nyewa keledai, di pintu masuk daerah lembah sini harus nyewa semacem andong kecil untuk 2 orang sampe ke Treasury, atau daerah dalemnya Petra. Si andong ini hanya untuk menempuh lembah-nya aja. Nanti di area terbuka Petra kudu nyewa yang keledai/unta lain lagi.

IMG_8487

Jalan masuk menuju Treasury

Setelah turun ke bagian lembah, tiba-tiba struktur batu-batu nya menyempit (Siq). Inilah bagian khas Petra yang dipilih bangsa Nabateans untuk mendirikan kota-nya, karena memberikan keamanan satu jalan masuk. Tapi kalau musim hujan suka ditutup karena bahaya banjir bandang.

IMG_8493

Tebing sejauh mata memandang


IMG_8497

Ada yang bilang tengkorak gajah (guide), ada yang bilang alien (aku)

Setelah berjalan sekitar 2km menuruni lembahnya, si tour guide suruh kita balik badan dan jalan mundur mepet ke tebing. Gak dikasih jalan kalo gak jalan mundur hahaha. Abis itu dikasih aba-aba untuk balik badan berbarengan…

And what did we see???

IMG_8513

The Treasury at Petra

Meski namanya treasury, tapi katanya enggak ada isinya, enggak ada duitnya. Bagian tengah atas yang kaya cangkir itu rompal gegara penjarah yang nembakkin dikira ada harta karun didalemnya. Emang kalo namanya maling yah…

IMG_8511

Nampang dulu biar eksis

The Treasury ini adalah yang pertama keliatan begitu keluar dari himpitan tebingnya dan disekitar area sini area-nya menjadi lebih terbuka. Kalau nyewa andong dari mulut lembah di atas, disini harus ganti onta/keledai. Si andong itu akan balik ke atas. Kita melanjutkan perjalanan dengan kaki meski udah mulai ngos-ngosan.

IMG_8517

Pemain rebab

Si Bapak ini fotonya udah dimana-mana dan mendunia, mungkin karena dia satu-satunya pemain rebab di daerah Petra jadi bahan foto semua turis yang dateng. Si Mas sebagai sesama pemain rebab udah keliatan pengen duduk dengerin aja kalo enggak dipanggil sama si tour guide.

IMG_8518

Gua di dalam tebing

Menurut si tour guide, dulu gua-gua ini adalah rumah penduduk ataupun tombs atau kuburan, sampe sekarang masih ada yang diem-diem tinggal disitu. Cuma setelah jadi UNESCO heritage, dan di manage pemerintah, penduduknya diungsikan ke rumah-rumah diluar kawasan wisata ini.

IMG_8526

Royal Tombs

Di area luas ini ada amphitheatre dan tombs, semakin wah dan megah semakin kaya yang ada dalam tomb tersebut. Enggak kepikiran gimana caranya mahat batu dalam skala itu pada jaman dulu.

IMG_8530

Daerah lembah terbuka Petra

Eksplorasi Mas dan aku cuma sampai sini aja di Petra. Sebenernya masih ada banyak lagi yang bisa diliat seperti the Monastery, Byzantine Church, liat Royal Tombs nya dari dekat ataupun liat The Treasury di malam hari.

Cuma karena waktu kita terbatas banget, jadi harus buru-buru balik ke atas. Jalan kaki lagi 🚢🚢🚢. Liputan jalan-jalan akan dilanjutkan di post berikutnya, padang pasir Wadi Rum

7 Comments

  1. Halo Gusti Hayu,

    Jaman kuliah S1 ada mata kuliah arsitektur bangunan pusaka dan pas dosen jelasin tentang sandstone architecture Petra langsung ngelamun dan bayangin bisa suatu saat liat karya besar yang pernah ada di dunia.
    Berarti sekitar 2000 thn yang lalu, manusia sudah bisa survive dengan membuat pemukiman berbatu ya di area padang pasir.

    Terima kasih sudah share foto-foto di Petra. Langitnya itu beneran bagus banget dan beruntungnya warga di Petra bisa melihat pemandangan yang indah. Semoga suatu saat saya juga bisa mengunjungi PetraπŸ™‚

    Cheers,

    Fani

    • GKR Hayu says

      Aku tuh kepikiran itu negara2 tetangga Jordan yang pada perang semua, kondisi landscape kan pasti ga beda jauh..

      Sayang banget cuma diancurin manusia serakah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s